Lucid Dream Dan Cara Melakukanya

Selasa, 01 November 2011  | 

21 komentar  | 
Link to this Post  |  
lucid = jelas/cerah/terang
dream = mimpi
jadi secara gamblangnya secara kosa kata lucid dream adalah mimpi yang jelas/cerah/terang.
tetapi apa sebenarnya lucid dream itu ? fenomena apakah itu ? dan bagaimana itu bisa terjadi ? coba ane analisa disini.
Fenomena lucid dream ini sebenarnya telah banyak disebutkan di masa masa lampau, hanya saja baru beberapa dekade ke belakang ini, komunitas sains mulai mengakui keberadaan fenomena satu ini.
Dimulai dari para suku indian (para dukun shaman) mereka menerapkan suatu bentuk meditasi yang mampu untuk mempertahankan kesadaran meskipun tubuh sudah beristirahat.
kemudian abad ke 5, sebuah surat dari St. Augustine menyebutkan bahwa dia sadar dalam mimpinya.




kemudian abad ke 8 lucid dream kembali terekam oleh para biksu tibet, pada buku berjudul 'Tibetan Book of the Dead', dalam buku tersebut, para biksu tibet menerapkan suatu bentuk meditasi yoga yang mampu mengajarkan untuk menjaga kesadaran dalam mimpi.


awal abad 19 seorang ilmuwan bernama Marquis d'Hervey de Saint-Denys menerbitkan sebuah buku berjudul 'Dreams and How to Guide Them', dimana buku ini berisi mengenai dokumentasi dari kegiatannya meneliti mimpi selama 20 tahun, dan dibuku ini dijelaskan selangkah demi selangkah perkembangan kemampuannya dalam mengontrol mimpi, dimulai dari dream recall, hingga control mimpi.


kemudian psikolog dan ilmuwan mimpi dari belanda bernama Frederick Van Eeden, merupakan orang pertama yang menggunakan istilah 'Lucid Dream' dan pada tahun 1913, dia menerbitkan jurnal pada komunitas ilmuwan psikolog mengenai lucid dream dimana pada jurnal ini, dia merekam 352 lucid dream yang dialaminya dari tahun 1898 dan 1912. judul jurnal ini adalah 'A Study of Dreams'.


dan tahun beberapa tahun belakangan ini terdengar sebuah nama 'Dr.Stepehen laberge' dosen stanford yang tertarik dengan dunia lucid dream. berkat hasil penelitiannya dengan dr. Lynn Nagel, komunitas ilmuwan mulai mengakui lucid dream secara sains.
Dari pengantar diatas, sudah jelas bahwa fenomena lucid dream memiliki sejarah yang sangat panjang, dan dari generasi ke generasi selalu terjadi, karena memang lucid dream merupakan suatu fenomena yang terjadi dalam hidup kita entah kita tahu ataupun tidak.


Pengertian umum dari lucid dream adalah, sebuah mimpi dimana dalam mimpi tersebut, pikiran kita sadar dan mampu menyadari bahwa saat itu merupakan sebuah mimpi. Ya pada umumnya pengetian lucid dream sesederhana itu, kita sadar dalam sebuah mimpi.
konsekuensi dari pikiran yang sadar dalam mimpi itulah yang membedakan antara mimpi biasa dan lucid dream, lucid dream jelas membawa konsekuensi tersendiri bagi jalannya sebuah mimpi yang sedang terjadi. konsekuensi yang terjadi adalah, pikiran kita menyadari bahwa lingkungan yang sedang dialami saat itu adalah sebuah mimpi, sehingga logika kita sebagai manusia yang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari mulai terangsang dan mulai menunjukan fungsinya dengan benar.


contohnya begini, kalo dalam mimpi biasa pikiran kita tidak melakukan filter informasi, sehingga kita kita melihat katakanlah gajah berwarna ungu dalam mimpi maka dalam mimpi itu, keganjilan seperti ini dianggap sebagai fakta oleh pikiran sehingga mimpi kita tetap berlanjut selayaknya sebuah drama yang berlangsung tanpa memperdulikan logika, kasarannya seperti ini mimpi terbentuk :


adi pergi ke pasar, kemudian di pasar adi bertemu gajah berwarna ungu dipasar dan kemudian adi melihat ada permen berwarna ungu, lalu adi kemudian memakan permen itu, kemudian adi cari tongsampah, lalu adi kepleset masuk tong sampah dan muncul tiba di sebuah mall, di dalam mall adi bertemu teman, dan bla bla bla, ..... mimpi layaknya sebuah blok puzzle yang disusun oleh otak kita dan biasanya tidak beraturan, meskipun masih dalam satu tema.


Nah, dalam kasus lucid dream berbeda, ketika pikiran kita 'terbangun' dalam mimpi, maka konsekuensinya pikiran kita akan bertanya tanya, sebenarnya apa yang terjadi, mengapa ada gajah berwarna ungu, itu tidak logis, di dunia nyata g ada gajah berwarana ungu, nah, pikiran kita mulai menjalankan fungsinya, memilah informasi. dan otak kita mulai bisa menetukan tindakan apa yang bisa diambil dan diputuskan dalam mimpi, mengapa ini bisa terjadi ?


karena memang pada dasarnya manusia itu melakukan semua tindakan dan keputusannya itu berdasarkan kesadaran yang dimiliki oleh pikirannya, tanpa adanya kesadaran pikiran, maka sulit bagi manusia untuk bisa menentukan tindakannya. Hal ini ternyata berlaku juga untuk mimpi, dimana jika pikiran kita terbangun dan berfungsi dengan normal di mimpi maka sesuai hukumnya, kita bisa menentukan apa tindakan yang akan kita lakukan dalam mimpi. Itulah menariknya lucid dream.


Seperti yang kita tahu, dalam alam mimpi, pikiran kita merupakan indera kita, sehingga kekuatan pikiran kita mencapai puncaknya dalam alam mimpi, sehingga apapaun yang kita inginkan, jika kita mampu mengarahkan kekuatan pikiran kita pada tujuan kita dalam mimpi, maka akan terwujud goal itu, cuman sisi jeleknya juga ada, semakin kita ragu dalam mimpi maka keraguan itu akan makin kuat, semakin kita takut gagal, maka dalam mimpi goal tersebut kemungkinan besar juga akan gagal. Kekuatan pikiran dan emosi memainkan peranan penting dalam alam mimpi.


Ada 2 Type Untuk Menuju Lucid Dream 
Yaitu Dengan Wake Indunce dan Dream Indunce 
WAKE INDUCE 
A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan 'kesadaran' orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid. 
* Langkah-langkah : 
1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa 'saya akan melakukan lucid dreaming'. 
2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep(tidur beneran). 
3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. JANGAN PERNAH BERONTAK ketika fase ini terjadi. 
4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah JANGAN MEMUNCULKAN RASA TAKUT ANDA DISINI!. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda. 
5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap. 
6. Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan? Itu berarti anda sudah masuk LD :) , jangan lupa untuk ngecek sudah di LD belum dengan Reality Cek..(tutup hidung, kalo msh bsa napas berarti dah masuk LD, cubit pipi, lengan dll. kalo gak sakit berarti dah masuk LD :) 
B. WBTB (Wake Back To Bed), adalah teknik yang sangat similar dengan WILD. WBTB biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan teknik WILD. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 4-5 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik WILD. 
C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan mimpi yang sebelumnya telah terjadi. 
* Langkah-langkah : 
1. Lakukan tidur normal, pasang alarm 3-4 jam kemudian, dan bangunlah. 
2, Catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku. 
3. Setelah itu cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk 'melanjutkan' mimpi yang sudah kalian alami. 
4. Tanamlan afirmasi "Ketika saya mimpi seperti tadi, berarti saya lucid dreaming". 
D. FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid. 
* Langkah-langkah : 
1. Set alarm sekitar 2-3 jam setelah anda tertidur, lalu bangun. 
2. Cobalah relaks, pejamkan mata. 
3. Sekarang gerakkan jari jemari anda (jari telunjuk & tengah) keatas dan kebawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukan dengan perlahan tanpa mengeluarkan energi berlebih. 
4. Setelah sekitar 20-30 detik, lakukan reality check dengan cara tutup lubang hidung anda, jika anda bisa bernafas, berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika anda gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu, lalu ulangi cara ini dari awal. 
E. CILD (Chakra Induced Lucid Dream), adalah teknik yang menggunakan bantuan Third Eye Chakra. Posisi mata ketiga ada di antara kedua alis mata. 
* Langkah-langkah : 
1. Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan baik-baik, tahan posisi mata anda dan pejamkan. 
2. Setelah terpejam afirmasikan diri anda bahwa saya akan melakukan lucid dreaming, lalu visualisasikan diri anda sedang berada pada fase lucid. 
3. Jika setelah kira-kira 3 menit anda belum juga tertidur, buka mata, kembalikan dalam posisi normal dan cobalah kembali tidur. 
P.S : Teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, jika dirasa kurang nyaman dimohon untuk tidak dilakukan. 
F. EILD (Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dreaming. Contohnya seperti Googles Nova Dreamer, Vibrating Watch, Brainwaves, dan program/alat induksi lainnya. 
DREAM INDUCE 
A. DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan 'kepekaan' diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dreaming. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending. 
* Langkah-langkah : 
1. Berpikirlah kritis dan logis. Sehingga ketika anda sedang bermimpi muncul suatu hal yang tidak rasional (seperti bertemu orang yang sudah meninggal/berbicara dengan makhluk lain), anda akan langsung tersadar dan berkata, "Ini mimpi!", lalu cobalah untuk menggerakan anggota tubuh anda. 
2. Alternatif lain yaitu dengan sering melakukan Reality Check. Atau juga dengan membuat sign, umumnya berupa sebuah coretan huruf/kata di anggota tubuh (lengan) menggunakan pena/pisdol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori anda bahwa "jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul". Nah, hal ini akan membantu anda dalam meminimalisir false awakening. 
B. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan bantuan alarm/LD Timer untuk mencapai fase lucid dreaming. Dengan kata lain ini adalah teknik yang menyadarkan penggunanya bahwa "Sedang Mimpi" dengan dibunyikannya alarm tersebut. 
* Langkah-langkah : 
1. Pasang alarm sekitar 3-4 Jam setelah anda tidur (usahakan gunakan LD Timer, gunakan suara alarm yang soft atau sebuah perkataan). Set juga setelah 1 menit alarm tersebut berbunyi akan mati dengan sendirinya. 
2. Tidur secara normal. Nah, kemungkinan setelah 3-4 jam itu anda sedang berada pada state mimpi, jadi ketika alarm berbunyi alarm ini akan meyakinkan anda bahwa ini adalah sebuah mimpi, jadi jangan ragu dan berusahalah untuk mengendalikannya. 
P.S : Jaga diri anda tetap di dalam mimpi, jangan biarkan mimpi anda fading atau bahkan terbangun ketika alarm pengingat itu berbunyi. 
C. RC (Reality Check), adalah sebuah aktivitas yang meyakinkan diri bahwa apa yang kita alami itu sedang dalam keadaan mimpi atau tidak. Praktiknya bisa bermacam-macam, tetapi umumnya dengan cara melihat anggota tubuh kita, jarum pada jam, dll. apakah ada yang janggal atau tidak. 
D. ADA (All Day Awarness), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama KingYoshi. Teknik ini merupakan salah satu alternatif dari Reality Check. Teknik ini mengharuskan anda untuk meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan secara detil hal-hal yang berada di sekitar anda (contoh : suara langkah kaki, warna-warna/tekstur barang-barang di kamar anda, dll). Hal ini dilakukan agar membuat sensitif otak anda supaya anda dapat dengan mudah melakukan pembedaan antara dunia nyata dan mimpi. 

Artikel Menarik Lainya

21 komentar:

blogwriter ( 29 November 2011 20.31 )  

salam kenal kawan, lagi mencari data selengkapnya tentang lucid dream.

kebetulan kmrn mencoba dengan teknik induksi pake mp3.

tetapi pas ditengah2 sempat ketakutan dan mp3 nya di cabut. Al hasil masih ketakutan dan belum nyoba lagi.

ternyata ada fase yang namanya sleep paralyze. ini nih akibatnya kalau nyoba2 LD tapi dokumen blm lengkap hehehe.

mampir ya di pusatinformasi

Fariz uchiha ( 4 Desember 2011 03.11 )  

gak ada yang perlu di khawatirkan gan, sleep paralyze bukan karena hal" ghaib kok. .
Kalau pakai WILD kuncinya Relax aja

Anonim ( 5 Maret 2012 05.31 )  

berapa lama kita harus menutup mata dan sadar pd saat LD..?

armzones ( 15 Maret 2012 11.53 )  

Sy pas mimpi pernah tiba2 blackout...jd sy mimpinya masuk ruangan..tiba2 ada sensasi hitam kelam....lalu sy bangun...

apa itu fase LD?sy ga merasa sleep paralysis spt yg biasa...mohon pencerahannya...

Fariz uchiha ( 13 April 2012 20.10 )  

LD gak harus melewati fase SP, Fase SP didapat kalo kita memakai teknik WILD .......

Akhdan janitra ( 19 Juni 2012 04.51 )  

wah asik ni bisa dicoba... hahaha

Anonim ( 11 Agustus 2012 21.09 )  

Kalo aku sih seneng pake teknik WILD...
soalnya aku sering kena fase SP jadi gampang buat lucid dreamnya

Fariz uchiha ( 7 Oktober 2012 18.57 )  

teknik WILD susah kali gak bisa relax....

Ricky Julio ( 12 Oktober 2012 18.44 )  

Gan,ane selalu nyoba teknik berbede alhasil tdk ad satupun yang terjadi meskipun ane udah sangat rilex

Anonim ( 17 November 2012 01.36 )  

Having troublе losing weight? How abοut takіng а look аt what is
conѕiԁered tο be a fаt buгner in а bottle?

Check οur guide on how to use Rаpbеrry Ketones anԁ get them foг the beѕt price аt http:
//raspberrykеtones.heartdatа.net/
Here is my web page ; claninglaminatefloors.com

Anonim ( 17 November 2012 01.53 )  

Νeed hosting? Get the top deals at httр://hosting.

top-informаtion.net/
my web page: Stage 4 Kidney Cancer

Anonim ( 17 November 2012 03.23 )  

If a natural diѕаster stгikes, are you preparеԁ fοr it?

If the answer iѕ no, take a lοоk at thіs free guide
on suгvival at http://survivе.top-informаtiоn.

net/
Here is my blog post : Nail Gun Reviews

Anonim ( 17 November 2012 03.26 )  

Juѕt submit yоur email at http://www.freeіpaԁ3.
allthebeѕtpгοductѕ.net аnd sign up to tеst Apрle's products! You get to keep them afterwards!
My page - weightloss.allthebestproducts.net

Anonim ( 17 November 2012 03.31 )  

Nеed hoѕting? Get the top deals at http://hosting.
toр-information.net/
My website ... Propane Heater

Lavi Flafyan ( 9 Januari 2013 07.36 )  

gan bagaimana caranya mempertahankan LD karna ketika saya sadar dalam mimpi tersebut, seluruh tubuhku seakan-akan ditarik keluar dari mimpi itu sehingga saya tersadar kembali?

Anonim ( 5 Agustus 2013 00.22 )  

sy pnh mengalami yg mn di saat sy hndak tidur dn br bbrp detik mmjmkn mata tb2 di skliling sy smuax brwarna putih brcahaya dn tubh sy tb2 spt ktindihan dn pd saat itu jg tb2 sy spt trjtuh atau msk k sbuah lorong wkt yg sgt smpt enth bgmn sy sdh brada d tpt lain dn ktk kmbali sy mlalui tpt awal sy msk. kdg jg di saat sy tidur br bbrp detik tb2 tubh sy spt ktindihan dan di saat itu pula tubuh sy tb2 mnjadi 2 yg 1 nya dlm keadaan tidur dn tbh sy yg 1 nya lg dlm keadaan brdiri.sy yg lg brdiri itu sblm kluar dr rumh sy slalu meliht diri sy yg lg tidur.stelah itu sy kluar jln2 brsama s'sorg k mnpun tpt yg sy inginkn.dn stlh slesai sy pun kmbali k rmh dn msk k tubh sy yg sdg tidur dgn sndirinya.dn sy pun bs bgn sluruhx.apa itu jg tmsk

Fariz uchiha ( 1 Februari 2014 11.59 )  

lavi : relax aja gan :)
anonim : itu kayaknya LD juga bro :)

Anonim ( 15 Februari 2014 08.07 )  

Sy merasa seperti membaca sms yg baru sja masuk di handphone sy dan tau persis isinya, kemudian sy entah kenapa seketika terbangun, dan anehnya gan sy melihat hp menyala karena ada sms masuk lalu sy baca dan isinya sama persis seperti di mimpi...
Kelihatan seperti de javu, apa itu juga termasuk lucid dream ??

Anonim ( 9 Januari 2015 08.16 )  

Tolongin dong biar gk takut SP ny

Anonim ( 27 Januari 2015 21.59 )  

Teknik yang cocok pada siang hari apa ya?? :v

Anonim ( 24 Oktober 2016 05.58 )  

itu astral bro

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar kalian, ini adalah blog DOFOLLOW jangan melakukan spam atau kata-kata kotor