Pedang Paling Bersejarah

Jumat, 19 Agustus 2011  | 

1 comment  | 
Link to this Post  |  
masih tetap bertema Pedang dan kali ini adalah pedang paling bersejarah silahkan baca artikelnya dibawah ini


1. Zulfiqar
Zulfiqar adalah pedang terkenal dalam sejarah islam yang dimiliki oleh imam ali, dari banyak catatan sejarah, nabi muhammad saw mempersembahkan zulfiqar ini kepada ali muda di pertempuran uhud. Selama pertempuran, ali banyak menghempaskan musuh dengan pedang ini. Dari kebanyakan catatan sejarah yang ada, ali lebih sering menggunakan pedang ini terlebih pada saat di pertempuran parit yang ketika itu lawannya adalah amr bin abdawud, yang kekuatannya satu dibandingkan seribu orang. Dengan pedang ini ali membunuhnya dengan satu pukulan yang kuat meskipun amr memakai baju besi yang kuat dan membawa senjata ampuh. Pedang ini adalah salah satu simbol tertua dan paling terkenal dalam sejarah islam. Pedang ini juga pernah digunakan dalam pertempuran karbala oleh imam
husain.



2. Flaming sword 

Flaming sword Adalah sebuah pedang berapi yang memiliki kekuatan supranatural. Pedang ini telah ada dalam legenda dan mitos selama ribuan tahun. Menurut alkitab, seorang ksatria dengan pedang berapi tersebut ditempatkan oleh allah di gerbang surga setelah adam dan hawa terusir dari syurga (kejadian 03:24). "Dia ditempatkan di sebelah timur taman eden, dan dengan sebuah pedang berapi yang akan menjaga pohon kehidupan" kejadian 3:24. Dalam tradisi kristen ortodoks timur mengatakan bahwa sejak saat yesus dilahirkan, pedang berapi ini telah dihapus dari taman eden, sehingga memungkinkan bagi manusia untuk kembali masuk surga.
3. Excalibur
Excalibur adalah pedang raja arthur yang legendaris, kadang-kadang dihubungkan dengan kekuatan magis atau berhubungan dengan kedaulatan yang sah dari britania raya. Kadang excalibur dan pedang di stone (bukti keturunan arthur) dikatakan sebagai senjata yang sama, tetapi di sebagian besar versi mereka dianggap berbeda. Pedang ini dikaitkan dengan legenda arthur pada periode awal. Dalam welsh, pedang disebut caledfwlch. Ada dua pedang yang muncul dalam legenda-legenda arthur: Pedang di batu, yang hanya bisa di cabut oleh arthur, sehingga membuktikan kerajaan yang sah, dan pedang yang diberikan kepadanya oleh lady danau. Dalam beberapa versi hanya ada satu pedang, sementara di lain versi, pedang di batu kemudian rusak dan kemudian arthur menerima excalibur dari lady of lake. Memiliki asal-usul pedang ajaib tersebut tidak bisa terpecahkan hingga kini.
4. Kusangi-no-tsurugi
Kusanagi-no-tsurugi adalah pedang legendaris di jepang dan merupakan salah satu dari tiga tanda kerajaan jepang. Pedang ini pada awalnya disebut ama-no-murakumo-no-tsurugi ("pedang awan surga ") tapi namanya kemudian diubah menjadi lebih populer kusanagi-no-tsurugi ("pedang pemotong rumput"). Pada masa pemerintahan kaisar xii, pedang ini dibuat untuk yamato takeru, yang memimpin dalam perang padang rumput terbuka. Musuhnya merencanakan akan rumput hingga yamato mati. Dalam keputusasaannya, yamato mulai memotong rumput yang berkobar dengan pedangnya tersebut dan ia sungguh takjub bahwa pedang tersebut mampu mengendalikan angin. Dengan menggunakan kekuatan pedang ini, yamato membabat habis musuh-musuhnya dan mengalahkan mereka. Setelah yamamoto tewas dalam sebuah pertempuran besar tahun 1371, pedang ini hilang di laut dan sejak itulah kusanagi dikatakan telah hilang selamanya.
5. Shamshir-e-zomorrodnegar
Shamshir-e zomorrodnegar atau "pedang bertabur zamrud" adalah pedang dalam legendaris persia. Dikisahkan ibu penyihir dari setan bertanduk mengerikan yang disebut fulad digunakan untuk membuat tubuh fulad-zereh kebal dari semua senjata kecuali pukulan pedang khusus yang disebut shamshir-e zomorrodnegar. Pedang ini awalnya milik raja salomo, dan dengan hati-hati dijaga oleh fulad-zereh, bukan hanya karena itu pedang ini menjadi senjata yang berharga, dan memang satu-satunya senjata yang bisa membahayakan setan, tetapi juga karena dengan memakainya adalah akan menebarkan pesona sihir. Sebuah luka yang diakibatkan oleh pedang ini hanya bisa diobati dengan ramuan khusus yang dibuat dari sejumlah bahan, termasuk otak fulad-zereh's.
6. Glory of ten powers

Glory of ten powers adalah pedang legendaris cina yang dikatakan diciptakan di tibet oleh suami dan istri penyihir kuno. Cinta dari pasangan ini saat membuat pedang magis menyebabkan semangat besar masuk kedalam pedang ini. Pedang ini akan melindungi pemakainya dengan kekuatan sihir nya.
7.Kris Mpu Gandring
:indon esia:

Keris Mpu Gandring adalah senjata pusaka yang terkenal dalam riwayat berdirinya Kerajaan Singhasari di daerah Malang, Jawa Timur sekarang. Keris ini terkenal karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk pendiri dan pemakainya, ken Arok.

Keris ini dibuat oleh seorang pandai besi yang dikenal sangat sakti yang bernama Mpu Gandring, atas pesanan Ken Arok, salah seorang tokoh penyamun yang menurut seorang brahmana bernama Lohgawe adalah titisan wisnu. Ken Arok memesan keris ini kepada Mpu Gandring dengan waktu satu malam saja, yang merupakan pekerjaan hampir mustahil dilakukan oleh para “mpu” (gelar bagi seorang pandai logam yang sangat sakti) pada masa itu. Namun Mpu Gandring menyanggupinya dengan kekuatan gaib yang dimilikinya. Bahkan kekuatan tadi “ditransfer” kedalam keris buatannya itu untuk menambah kemampuan dan kesaktian keris tersebut.

Setelah selesai menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris pusaka masa itu. Mpu Gandring menyelesaikan pekerjaannya membuat sarung keris tersebut. Namun belum lagi sarung tersebut selesai dibuat, Ken Arok datang mengambil keris tersebut yang menurutnya sudah satu hari dan haris diambil. Kemudian Ken Arok menguji Keris tersebut dan terakhir Keris tersebut ditusukkannya pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji (karena sarung keris itu belum selesai dibuat) selebihnya bahkan dikatakan untuk menguji kemampuan keris tersebut melawan kekuatan supranatural si pembuat keris (yang justru disimpan dalam keris itu untuk menambah kemampuannya). Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Dalam perjalanannya, keris ini terlibat dalam perselisihan dan pembunuhan elit kerajaan Singhasari yakni: Terbunuhnya Tunggul Ametung.

Tunggul Ametung, kepala daerah Tumapel (cikal bakal Singhasari) yang saat itu adalah bawahan dari Kerajaan Kadiri yang saat itu diperintah oleh Kertajaya yang bergelar “Dandang Gendis” (raja terakhir kerajaan ini). Tumapel sendiri adalah pecahan dari sebuah kerajaan besar yang dulunya adalah Kerajaan Jenggala yang dihancurkan Kadiri, dimana kedua-duanya awalnya adalah satu wilayah yang dipimpin oleh Airlangga.

Ken Arok membunuh Tunggul Ametung untuk mendapatkan istrinya yang cantik, Ken Dedes. Ken Arok sendiri saat itu adalah pegawai kepercayaan dari Tunggul Ametung yang sangat dipercaya. Latar belakang pembunuhan ini adalah karena Ken Arok mendengar dari Brahmana Lohgawe bahwa “barang siapa yang memperistri Ken Dedes akan menjadi Raja Dunia”.

Sebelum Ken Arok membunuh Tunggul Ametung, keris ini dipinjamkan kepada rekan kerjanya, yang bernama Kebo Ijo yang tertarik dengan keris itu dan selalu dibawa-bawanya kemana mana untuk menarik perhatian umum. Bagi Ken Arok sendiri, peminjaman keris itu adalah sebagai siasat agar nanti yang dituduh oleh publik Tumapel adalah Kebo Ijo dalam kasus pembunuhan yang dirancang sendiri oleh Ken Arok. Siasatnya berhasil dan hampir seluruh publik Tumapel termasuk beberapa pejabat percaya bahwa Kebo Ijo adalah tersangka pembunuhan Tunggul Ametung. Ken Arok yang saat itu adalah orang kepercayaan Tunggul Ametung langsung membunuh Kebo Ijo yang konon, dengan keris pusaka itu.
8.Al Batar

Al Battar adalah sebuah pedang Nabi Muhammad SAW sebagai hasil rampasan dari Banu Qaynaqa. Pedang ini disebut sebagai ‘Pedangnya para nabi‘, dan di dalam pedang ini terdapat ukiran tulisan Arab yang berbunyi : ‘Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad SAW’. Di dalamnya juga terdapat gambar Nabi Daud AS ketika memotong kepala dari Goliath, orang yang memiliki pedang ini pada awalnya. Di pedang ini juga terdapat tulisan yang diidentifikasi sebagai tulisan Nabataean. Sekarang pedang ini berada di Museum Topkapi, Istanbul. Berbentuk blade dengan panjang 101 cm. Dikabarkan bahwa ini adalah pedang yang akan digunakan Nabi Isa AS kelak ketika dia turun ke bumi kembali untuk mengalahkan Dajjal.
9.Damascus


Pedang tertajam didunia, Saat Perang Salib, pasukan Eropa dikejutkan oleh pedang yg dimiliki oleh pasukan Arab dan Persia.


Pedang mereka dengan mudah menembus baju zirah pasukan crusader, bahkan mampu membelah tameng.
Inilah Pedang Damaskus, terbuat dari baja yg diolah dengan teknik khusus sehingga bisa memiliki permukaan yg sangat kuat dan tajam.
Teknik pembuatan pedang ini begitu rahasia sehingga hanya beberapa keluarga pandai besi di Damascus saja yang menguasainya, ini juga sebabnya teknik pembuatan baja Damascus akhirnya punah.

Hingga kini teknologi metalurgi yg paling canggih pun belum mampu membuat pedang yg lebih tajam dari Pedang Damascus.
Pedang Damascus adalah pedang yg paling tajam di dunia, lebih tajam daripada Katana Jepang maupun Kris Indonesia.
Selain kuat, baja Damascus juga sangat lentur sehingga betul2 sempurna untuk dijadikan pedang atau pisau.
Pedang ini mampu membelah sutera yg dijatuhkan ke atasnya, juga mampu membelah pedang lain atau batu tanpa mengalami kerusakan samasekali.
Sebuah penelitian mikroskopik menemukan bahwa pedang2 ini ternyata memiliki semacam lapisan kaca dipermukaannya.
Bisa dikatakan para ilmuwan muslim di timur tengah telah mencapai teknologi nano sejak seribu tahun yg lalu.
10.Samurai
Pedang samurai atau lebih baik disebut sebagai pedang bangsa jepang yang digunakan oleh para samurai atau bushi, mereka dikenal dalam sejarah jepang;namun di film modern dan tayangan televisi pedang-pedang tersebut hanya dikenal sebagai katana, dan sangat jarang menggunakan istilah dan klasifikasi yang benar tentang pedang para samurai.

Untuk membuka sejarah pedang samurai kita kembali kemasa lalu selama periode abad pertengahan ketika penggunaan baja sebagai ganti perunggu dalam senjata bilah sangat meningkat, pedang bermata tunggal menjadi sangat populer di wilayah asia, dan pembuatan Tachi dan Uchigatana dari jepang dimulai.Pedang-pedang Jepang atau Nihonto adalah senjata berbilah tradisional sepanjang sejarah peradaban Jepang. Tachi digunakan oleh pasukan kaveleri dengan bentuk lebih panjang dan melengkung dengan sisi tajam mengarah kebawah dari sabuk. Uchigatana digunakan oleh prajurit infantri lebih pendek dengan sisi tajam mengarah keatas.Dengan berubahnya sistem militer dan masyarakat feodal salama masa ini, hingga muncul kelas-kelas kesatria baru.Mereka adala para pemimpin seni perang dan berkembang tidak saja sebagai pelayan dan pelindung dari pemimpin yang lebih kuat,tetapi juga menjadi kelas yang dominan diantara mereka sendiri, Para Samurai

Cara Bushido mendominasi struktur sosial di Jepang selama 700 tahun.Peran utama mereka sebagai perwira militer mencakup loyalitas mutlak terhadap tuan pelindung mereka untuk berperang bila perlu mati,dan itu membutuhan pedang berbilah tunggal yang cocok untuk pertempuran jarak dekat sekaligus pertahanan yang baik.Itu menuntut kualitas tinggi untuk menghasilkan generasi pedang yang sempurna,yang fleksibel dalam serangan, tetapi juga harus mempertahankan ketajaman.


Hanya penempa pedang yang berpengalaman saja yang mampu mengembangkan metode penempaan dan pengaturan panas untuk menghasilkan pedang-pedang sesuai kebutuhan saat itu, yang kemudian dinamakan Katana.Bahkan katana itu sendiri sangat bervariasi dalam gaya selama periode sejarah pedang samurai.Pada akhir abad 14 dan awal abad 15 pedang katana berukuran 70cm dan 73cm,tetapi diawal abad 16 panjang pedang 60cm namun diakhir abad tersebut pedang kembali berukuran 73cm.Pedang Katana selalu disandingkan dengan pedang Wakizashi atau Shoto,bentuk sama namun lebih pendek, keduanya mewakili kekuatan sosial dan kehormatan pribadi para samurai.

Namus setelah beberapa periode sejarah peperangan Jepang seni pembuatan pedang mengalami penurunan sampai pada era Shinshinto dimana para penempa pedang kembali membuat pedang-pedang yang unggul setelah mendapatkan kembali teknik pembuatan yang sempat hilang.Alur sejarah berubah kembali saat era Restorasi Meiji dimana melarang semua pedang samurai sebagai senjata kecuali pada kelas sosial tertentu.Akibatnya para ahli pedang menyembunyikan kemampuan mereka dan mengalihkannya kebentuk tongkat sederhana agar jiwa samurai tetap hidup, dan seni pembuatan pedang unggul akan tetap bertahan dan tidak akan hilang

Artikel Menarik Lainya

1 komentar:

Diana Suhayli Nurdin ( 11 April 2017 20.54 )  

Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi siapa tau disini ada yang sedang kesulitan masalah ekonomi, Senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha di bidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, saya stress dan hampir bunuh diri, akhirnya saya menaggung hutang ke pelanggan saya totalnya 750 juta, dulu demi makan sehari-hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan USTAD UJANG BUSTOMI hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama tiga hari saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghaib 3 Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari akhirnya 3 Milyar yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, Maka dari itu setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi Ustad.ujang bustomi di 085215951837 situsnya http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya silahkan hubungi ustad.ujang bustomi pasti akan di bantu

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar kalian, ini adalah blog DOFOLLOW jangan melakukan spam atau kata-kata kotor