Apa Yang Bisa Kita Rasakan Di Lucid Dream ?

Senin, 12 Desember 2011  | 

2 komentar  | 


Apa saja yg bisa kita rasakan pada waktu LD?
Hampir semua yg bisa dirasain ke 5 indra kita di kehidupan nyata, bisa dirasain dalam Lucid dream...

Penglihatan(Visual)
Kita bisa melihat visual hitam putih, warna klasik sampai berwarna seperti real atau malah over exposure color.
berbeda dengan mimpi biasa kita selalu dapet mimpi yg kurang berwarna, blur atau hitam putih aja...
Dalam LD Kita bisa melihat cahaya yang sangat terang maupun gelap gulita...
Kita bisa melihat visual yang sangat nyata dan detail, sampai gambar kartun. Kadang2 kita juga melihat pemandangan yang glowing.
Dan jangan heran, jika latar dari mimpi kita bisa juga berupa pemandangan abstract dan latar luar angkasa.




Pendengaran(Suara)
Kita bisa mendengarkan suara suara orang berbicara dengan jelas, suara burung berkicau sampai suara bom meledak. Kemampuan tersebut memungkinkan kita berkomunikasi dengan jelas, dengan karakter lain yang didalam mimpi kita.

Suara tidak jelas terkadang sering terdengar waktu WILD, dalam transisi ketika antara terjaga dan bermimpi(sleep paralysis). Dari suara
noise, sesuatu yang pecah,orang berbisik, teriakan, tangisan atau suara orang berbicara dalam bahasa asing.
Kebanyak orang akan merasa ketakutan mendengar suara2 tersebut karena memang seram. Namun suara tersebut diatas akan hilang begitu kita udah masuk fase lebih lanjut.

Penciuman & Pengecapan.
Penciuman: 
iya kita bisa mencium wangi2an, bau durian, wangi bunga.. atau wangi seseorang yg kita temui dalam mimpi.. malah terkadang lebih tajam indra penciuman kita dibanding dengan real
Pengecapan:
sepertihalnya indra penciuman, kita bisa merasakan enak-nya makanan atau minuman. 
Tapi secara pribadi saya tidak pernah merasakan pedas,asam, pahit.. yang ada yah yang enak2 aja.. atau paling parah yah merasakan "Hambar" saja.

Peraba.
Kita bisa merasakan kasarnya tektur batu, pasir... lembutnya dan kenyalnya kulit cewe yg kita raba dan merasa terangsang...(this is the best part). 
Kita sebaliknya sangat jarang bisa merasakan kesakitan atau kepanasan dalam mimpi, kalau ada pun itu terjadi itu masih dalam tahap sangat ringan. 
contohnya dalam LD, kita mimpi mencoba mencubit tangan sendiri yang kerasa adalah sentuhan jari ketangan kita.. tapi tidak merasakan sakit.
atau mimpi tertembak oleh pistol, ditusuk samurai sampai berdarah2, yang kerasa adalah sesak napasnya tekanan didaerah tubuh yg terkena.. tapi sakitnya sama sekali tidak terasa. Malah setelah itu, kita sembuh dan sehat lagi (jadi ingat Claire-nya serial HEROES hehehe)
Jauh lebih gampang merasa sensasi terangsang daripada sensasi sakit.... enak yah LD 


Diluar kelima indra diatas.
Emosi.
Nahh yang ini nih, klo dalam mimpi biasa klo kita senang bisa senang sekali, marah bisa marah sekali, terharu atau sedih bisa sampe menangis tersedu.. kadang terbawa sampe terbangun..(over acting sehh) 
Sebaliknya didalam LD, emosi kita malah sangat stabil dan netral gan..(lah iyalah kan tau itu hanya mimpi)
Masa ane harus marah2 gara cewe yg ane summon direbut sama agan Uswin... yah summon lagi yah yg baru, gitu aja repot.
(sorry agan uswin, itu hanya contoh... lagi2 Uswin hehehehe)
Jadi buat agan2 yg ingin melatih emosinya biar lebih stabil, sering2 lah Lucid Dream.

Takut
Takut karena menghadapi mimpi buruk, takut ketinggian, Biasanya ketakutan itu sering timbul karena kita belum sepenuh sadar dalam lucid dream.
Oya, Lucid dream juga bisa membantu kita menanggulangi mimpi buruk. 
Misalnya kita mimpi ketemu hantu karena kita sadar klo lagi mimpi, kita hajar aja itu hantu, selesai. Tinggal lanjutin kemimpi yang lain yang lebih indah.



Bagai mana agar Penglihatan/visual bisa lebih jelas?
Agar visual lebih jelas, secara fisik kita bisa mengkonsumsi Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6(Pyridoxin hydrochloride). 
Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak. Coba rajin2 makan pisang tiap hari, terutama setelah makan malam, Mimpi kita akan jadi lebih jelas dan berwarna.
Selain itu kita bisa mempertajam visual dengan memperhatikan detail dalam mimpi, contoh melihat rumput yg bergoyang, pasir..dsb. 



Hal yang menggangu Lucid dream.

Mimpinya mulai pudar atau kehilangan lucidity.
ada saatnya mimpi kita menjadi pudar, dan kelamaan kita bisa terbangun atau masuk dalam mimpi biasa.
Ada beberapa teknik untuk membuat mimpi kembali nyata salah satunya, begitu kita merasa mimpi jadi pudar secepatnya luruskan tangan dan putar badan (badan dalam mimpi). ngak perduli mau putar gaya balet ato gaya batu yg penting badan berputar aja, sambil berputar niatkan kembali untuk kembali bermimpi.

False Awakening
sering kali kita bisa tertipu oleh "false awakening", kita merasa wah saya udah kembali ditempat tidur, badan saya sekarang lagi diatas kasur, saya udah terbangun, ahhh ternyata teknik berputar saya gagal... yang sebenarnya kita masih bermimpi. jika itu terjadi, akhirnya kita malah masuk mimpi normal karena percaya sama tipuan tadi. 
Biasakan Reality check, lihat jari tangan kita, bertambah atau berkurang? , lihat jam waktunya berputar dengan normal tidak.. atau coba cubit pipi kita sakit apa ngak..
"Semakin kita berpengalaman dengan Lucid dream, semakin besar kemungkinan kita diganggu sama "False awakening" daripada kehilangan lucidity"

Gangguan fisik.
Misalnya, alarm HP, Dibangunin orang rumah, digigit serangga, kena tetes air hujan.. atap rumah pada bocor.


Batasan LD
Hampir tidak ada batasan dalam LD, kita bisa melakukan hampir semua hal yg tidak kita mampu lakukan dalam dunia nyata. termasuk menjadi superman 
Dari warrior sampai jadi Wizard... pokoknya terserah dah.. sampai hal2 yg melanggar hukum dan normal bebas dilakukan(tapi awas jgn keseringan)




SUMBER

Artikel Menarik Lainya

2 komentar:

Verda.M. ( 27 Desember 2011 pukul 01.55 )  

nice share gan...

saat fase LD, bisa nggak kita menarik orang ke dalam mimpi kita? bisa nggak mendatangi mimpi orang? bisa nggak berkomunikasi dengan org yg ada di dunia nyata melalui mimpi?

apakah kita semacam "dewa" di mimpi kita sendiri, jika kita bisa mengontrol alam bawah sadar dan mimpi kita?

maaf kalo kebanyakan tanya ya gan :D

Fariz uchiha ( 31 Desember 2011 pukul 11.45 )  

share dream > belum ada bukti yg kuat untuk hal itu gan,,
menurutku tidak bisa coz mimpi cuma imagin kita aja

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar kalian, ini adalah blog DOFOLLOW jangan melakukan spam atau kata-kata kotor